Rabu, 31 Maret 2010

Tanya Jawab Seputar Beternak Unggas

Kami sadar bahwa beternak adalah sebuah seni. Tidak ada rumus baku dan selalu berkembang mengikuti perkembangan jaman. Tiap peternak mempunyai teknik sendiri berdasarkan pengalaman dan lingkungan masing - masing.
Melalui media ini kami berusaha menjembatani para peternak untuk saling bertukar pikiran seputar dunia ternak unggas. Apabila ada yang ingin ditanyakan atau mempunyai opini dapat disampaikan di thread ini maupun via email.

Dear rekan dan kerabat, untuk meningkatkan pelayanan maka pertanyaan, tips, kontribusi bisa disampaikan lewat media  FACEBOOK SUMBER REJEKI FARM

130 komentar:

  1. sampai saat ini saya belum menemukan formula pakan yang pas agar bisa berimbang dengan produksi akhir ( harga penjualan )
    saya coba pake BR 1 full dari awal sampai panen, tapi ternyata ga nutup.
    mungkin SR Farm punya tips???

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya marketing pabrik pakan ayam bernama EH (easthope) sekiranya anda berkenan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai EH anda bisa menghubungi saya di nomor 081 330 173 608

      Hapus
    2. Saya marketing pabrik pakan ayam bernama EH (easthope) sekiranya anda berkenan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai EH anda bisa menghubungi saya di nomor 081 330 173 608

      Hapus
  2. @abi: sebenarnya banyak alternatif, berikut beberapa contoh formulasi yang bisa dicoba.

    Formula A:
    1 kg 511, dilanjutkan
    1 kg 511 dicampur jagung komposisi 50%-50%

    Formula B
    1 kg 511, dilanjutkan
    1 kg 511 dicampur jagung secara bertahap mulai 10%, 25% sampai 50%.

    Formula C
    1 kg 511, dilanjutkan
    1 kg 511 dicampur buras 582 komposisi 50%-50%

    formulasi tersebut sudah pernah kami coba dan dapat menghasilkan panen mulai 0.82 - 0.85 kg di usia 60 hari.
    Semoga bermanfaat.

    BalasHapus
  3. saya ingin beternak ayam kampung. yg panen 0.82 - 0,85 kg diusia umur 60 hari jenis ayam apa?? kandang yg dipakai bgaimana??

    BalasHapus
  4. @riev : ayam kampung super SRF bisa mencapai berat 0.85 dalam waktu 2 bulan (60 hari), dan hasilnya bisa rata. untuk kandang yang dipakai, umur 1 - 1 bulan kita box berpemanas lampu, setelah itu bisa diumbar atau di kandang baterai. Kunci sukses pembesaran ayam kampung adalah ransum yang bagus. untuk info ransum anda bisa mencari di posting kami yang membahas tentang tips beternak. Semoga sukses !!!

    BalasHapus
  5. saya ingin usaha ayam kampung yg mau saya tanyakan bagaimana cara kasih pakan yg baik agar bisa 60 hari panen dan harga doc berapa terimakasih doc ingin aku jual kembali

    BalasHapus
  6. @arbin: mengenai cara pemberian pakan, yang terbaik adalah dengan pemberian sedikit dengan frekuensi berulang. Untuk awal bisa 5-8x pemberian pakan. Tujuannya agar pakan tetap baru sehingga meningkatkan nafsu makan. Jangan sering mengubah komposisi pakan! Ayam bisa stress dan tidak mau makan!

    BalasHapus
  7. @dian: untuk memelihara ayam buras samapai usia 60 hari memerlukan ransum kurang lebih 2kg/ekor ayam.

    Namun pemberian ransum tersebut terdiri dari 2 tahap yaitu, starter dan grower.
    Untuk perhitungan yang mudah adalah sbb:

    fase starter ayam diberi ransum makanan pabrik dengan harga +/- 5000/kg (BR-1, 511, dll). sebanyak 1kg/ekor ayam.

    fase grower ayam diberi ransum buatan sendiri, atau bisa menggunakan FORMULA A, B, atau C sebanyak 1 kg/ekor ayam.

    contoh perhitungan:

    biaya pakan fase starter: 1kg (511) x 5000/kg = 5000
    biaya pakan fase grower: 1kg (FORMULA A) x 3750/kg = 3750

    total biaya pakan kurang lebih: 5000 + 3750 = 8750/ ekor.

    untuk biaya keseluruhan anda perlu memperhatikan biaya yang lain seperti:
    - biaya DOC
    - kematian awal DOC
    - listrik
    - vaksin dan obat2an
    - karyawan (bila ada)

    semoga info ini bisa membantu para peternak yang lain.

    wasalam.

    BalasHapus
  8. pemendahan ayam dari kandang box ke kandang baterai umur berapa? dan berapa ukuran kandang baterai untuk satu ekor ayam ?

    BalasHapus
  9. Dear SRF

    DOD Mojosari yang saya pelihara di Bandung tingkat mortalitasnya tinggi ( >20% )kira-kira apa penyebabnya ?

    Wass : Sumaryono

    BalasHapus
  10. @ahmad : Biasanya di umur 40 hari. Untuk 1 ekor ayam pxlxt = 30x37x42 cm. Atau bisa merujuk referensi yang lain.

    BalasHapus
  11. @Sumaryono: Bisa dijelaskan detailnya? Pada umur berapa? dan bagaimana penangannya?

    BalasHapus
  12. Saya ingin memulai pembesaran ayam kampung dari pembibitan dahulu secara kecil-kecilan, karena kurangnya modal. bolehkah saya memesan doc ayam kampung super hanya 50 ekor dan doc ayam jantan bangkok 25 ekor saja. berapa ideal perbandingan jantan dan betina. berapa presentase keberhasilan jumlah telur jika pake sistem kereman biasa tanpa kawin suntik.
    Agus sumaryadi

    BalasHapus
  13. pemberian pakan tentunya memperhatikan berapa kadar protein yang ada dipakan tsb.
    apakah dengan formula pakan yang diberikan di atas, itu sudah memenuhi standar ?
    kalo berkenan, mohon dijelaskan cara perhitungan kadar protein dengan campuran pakan.
    terima kasih

    BalasHapus
  14. @Agus Sumaryadi: Untuk pemesanan bisa langsung menghub kontak kami. Pada dasarnya tidak masalah. Perbandingan jantan - betina biasanya 1:7 sampai 1:10. Keberhasilan dengan metode keraman biasanya lebih tinggi.

    BalasHapus
  15. @ken: berikut kebutuhan protein ayam pada fase:
    starter (1-6mg) : 18-20
    grower (6-20mg) : 13.5-16

    Kandungan protein
    pakan starter : 22-24
    jagung : 8-10

    Sehingga, untuk periode starter (40hari pertama) atau 1kg pertama paling bagus menggunakan pakan starter. Kemudian bisa dilanjutkan dengan campuran jagung (Bisa dikalkulasi sendiri)

    BalasHapus
  16. mohon bantuan kalau membuat box untuk anak umur sampai dengan 20 hari ukurannya berapa, kapasitasnya dan berapa butuh watt lampu pemanas.
    dari bambang di yogyakarta

    BalasHapus
  17. @bambang : bisa menggunakan box ukuran 200cm x 100cm x 45cm. Kapasitas bisa 60-70ekor sampai umur 3 minggu. Untuk periode minggu awal bisa menggunakan 4x40 watt lampu, dan dikurangi perminggu 1 lampu. Sampai umur 3 minggu hanya menggunakan 40watt saja. Tetapi semuanya tergantung kondisi lingkungan, apabila cuaca dingin tetap disarankan menambah pemanas sampai anak ayam tidak kedinginan.

    BalasHapus
  18. Dear SRF,
    2 hari ini ayam2 saya keliatan lesu. Nampak gejala2 penyakit tapi tidak nampak pada fisik ayam bahkan tadi pagi udah mati 1.
    Mohon pencerahannya, terima kasih.

    BalasHapus
  19. @^: bisa dijelaskan secara lebih spesifik? ayam umur berapa? populasi? vaksin nd terakhir? langkah darurat bisa dengan pemberian antibiotik enro, apabila tidak mau minum, dicekok (dipaksa dengan suntik) selama 5 hari. Bila kematian disebabkan oleh virus maka tidak ada obatnya.

    BalasHapus
  20. Yth SRF,
    Saya ada kandang postal uk 5x6m,jika diisi ayam kampung apakah bs untuk 500 ekor sampai umur 2 bln.Untuk campuran pakan periode grower apakah bs pake dedak + 511 karna jagung ditempat saya harganya hampir sama dg 511.
    dari Napis Bekasi

    BalasHapus
  21. saya memelihara ayam kampung,sekarang berumur 26 hari.dan telah diberi vaksin:ND-live pertama kali doc datang,vaksin gumboro pd umur 10 hari,vaksin ND-IB pd umur 20 hari.tapi akhir2 ini banyak yang sakit mata,mata merah dan berair dan kelihatan lesu.dan sepertinya menular pada ayam yang lain.dikasih obat apa ya......?????
    saya juga mencampurkan STARBIO untuk pakan ayam,ada pengaruh buruk nggak..???
    trimakasih sebelumnya....

    BalasHapus
  22. @peri_meog: Apakah ada tanda2 hidung berair? atau berlendir? Atau kepala bengkak? Karena dari gambaran yang Bapak berikan mengacu pada penyakit CRD atau Coryza. Coba dengan pemberian antibiotik pernafasan (Enro,Cypro,dll). Tidak ada pengaruh buruk yang dihasilkan dari STARBIO.

    BalasHapus
  23. saya tertarik untuk coba bisnis ternak ayam kampung.bisa g saya pesan 100 doc ayam kampong dan apa yang perlu saya siapkan untuk permulaan pemeliharaan.
    posisi saya di jombang..

    BalasHapus
  24. Perkenalkan nama saya Ari.Saya seorang mahasiwa yg akan melakukan penelitian di bidang peternakan.Saya ingin merancang sistem kontrol otomatis kandang anak ayam berdasar bunyi anak ayam itu sendiri (sensor bunyi)
    Yang ingin saya tanyakan adalah:
    1. Apakah ada bunyi khas pada anak ayam jika anak ayam tersebut kepanasan atau kedinginan (suhu kandang tidak cocok)?
    2. Sesignifikan apakah bunyinya?

    Terima kasih. Mohon pencerahannya.Wass

    BalasHapus
  25. @agus: Bisa pak. Bapak bisa langsung menujut tempat kami di Kediri atau menghubungi 08155517772
    @^ : Sudah terjawab via email. Thx

    BalasHapus
  26. Dear SRF,
    Tolong untuk mengulas cara-cara beternak itik.
    Mulai dari DOD sampai panen.
    Apakah bisa vaksin untuk ayam di gunakan pada itik?

    BalasHapus
  27. perkenalkan nama saya luqman, saya tertarik untuk coba bisnis ternak ayam kampung.bisa g saya pesan 100 doc ayam kampong dan apa yang perlu saya siapkan untuk permulaan pemeliharaan.
    posisi saya di brebes

    BalasHapus
  28. @6run93 : akan menjadi bahan masukan kami. untuk vaksin ayam bisa digunakan untuk itik.
    @luqman : Bisa pak, silahkan menghubungi marketing kami. Langkah awal beternak bisa dilihat di tips beternak yang ada di blog kami. Thanks.

    BalasHapus
  29. @luqman : informasi sudah terkirim melalui email. thanks.

    BalasHapus
  30. perkenalkan nama saya romy dr malang pengen ternak puyuk untk harga doc brp dan ada ga yg siap bertelur harga brp,apa nama pakan nya jika mash berupa doc dan nm pkan yg siap bertlur,terima kasih.

    BalasHapus
  31. To SRF saya sugeng dari bogor . saya mau memulai usaha ternak burung puyuh tapi trus trang saya masih awam/belum ada pengalaman !!! mohon bantuannya langkah apa saja yg hrs saya lakukan dan bagaimana saya bisa mendapatkan bibit burung puyuh yg bagus berikut dgn daftar harganya trimakasih ...
    email : sugeng_aksi@yahoo.com

    BalasHapus
  32. @romy : Untuk informasi harga bisa menghubungi kami di 08155517772. Untuk pakan pada saat doc bisa memakai starter broiler, pada saat bertelur bisa menggunakan pakan ayam petelur dengan penambahan kadar protein. Informasi bisa didapatkan di buku panduan di toko buku.

    @sugeng : email terkirim

    BalasHapus
  33. saat ini saya dah punya 200 ekor ayam arab yang sedang bertelur dan untuk pakan masih mengandalkan pakan jadi dari pabrik dengan merk tertentu apakah ada solusi untuk membuat pakan sendiri dari bahan yang mudah di dapat ( rumah sya nganjuk )agar biaya pakan bisa diperingan tetapi produksi tetap ?? trmkasih

    BalasHapus
  34. @^: kami sarankan tetap menggunakan pakan pabrik apabila belum berpengalaman membuat pakan sendiri.

    BalasHapus
  35. pak mau tanya, sy baru mau memulai usaha pembesaran ayam.

    Utk doc ayam kamp super jika dipelihara 100 ekor, berapa karung/zak utk mencapai berat 1kg/ekor ?

    Lalu pakan alternatif nya saat umut 1.5 bulan, apakah bisa pur BR-511 dicampur dgn ampas tahu ?

    Salam
    Aris (Batam)

    BalasHapus
  36. Yth, SRF. kalo ayam sudah siap jual, nah yg jd pertanyaannya apakah SRF mau membeli.....?

    BalasHapus
  37. profil lengkap perusahaan kok g ada? sya tunggu ya posting-annya

    BalasHapus
  38. Tolong daftar harga telur ayam bangkoknya lengkap dengan ongkos kirim ke kabupaten grobogan dikirim ke tomenow_menow@yahoo.com
    Terima Kasih

    BalasHapus
  39. @aris di Batam : untuk mencapai berat 1 kg biasanya dibutuhkan pakan 2.5kg. Mengenai pencampuran dengan ampas tahu kami tidak mempunyai pengalama.

    BalasHapus
  40. @^^ : Bisa saja, kalau memungkinkan.
    @^ : Profil kami ada di blog.

    BalasHapus
  41. saya ingin memulai berternak ayam kampung (orientasi kearah pedaging).saya mohon info untuk pemasaran di daerah jawa timur(di daerah mana saja saya bisa menjual/memasarkannya)) dan berapa harga DOC dari sumber rejeki farm.

    Thx

    Rizal

    BalasHapus
  42. permisi cuma kasih masukan aja bagi semua yg ingin berternak,tolong dipikirkan lagi masalah penjualan nya, per tanggal hari ini harga ayam jeblog banget.....?saya rasa ternak ayam gak seribet apa yg kita pikirkan, SATU lagi masalah penjualan faktor utama dalam bisnis seperti ini. thanks /.......

    BalasHapus
  43. Perkenalkan, nama saya Azis, domisili di magetan. Saya tertarik untuk memulai usaha dengan beternak bebek jantan untuk dijadikan sebgai bebek pedaging. Pertanyaan saya:
    1. berapa harga DOD sampai dimagetan?
    2. Minimum pembelian berapa ekor?
    3. Agar siap dikonsumsi sebagai bebek pedaging, diumur berapa hari bebek tersebut bisa djual?
    4. Apakah ada panduan pemberian makanan mulai DOD ini sampai siap jual
    Demikian pertanyaan ini kami sampaikan dan terima kasih.

    BalasHapus
  44. @jiebryl_boy : Saran yang sangat bagus. Betul sekali penjualan panen termasuk hal yang sangat vital dalam beternak ayam. Mengenai harga ayam yang jeblog, tiap tahun kita sebagai peternak pasti mengalaminya. Kita harus jeli melihat sikon.

    BalasHapus
  45. @Rizal : Untuk pemasaran bisa dicoba menghubungi pengepul ayam di kota saudara. Biasanya bisa dicari di pasar becek
    @Azis : Bebek jantan biasanya siap dijual umur 45-60 hari. Mengenai panduan kami belum menyediakannya, mungkin bisa dicari melalui literatur buku maupun dari internet.

    BalasHapus
  46. bang minta daftar harga produknya yang ayam ya.
    Primadani.solo@gmail.com

    BalasHapus
  47. maf mo tnya pak makanan campuran yag bgus wat ternak dikasih basah pa kering

    BalasHapus
  48. nama saya ardi....pak saya mau minta info tentang formula pakan ayam usia 0 - 4 bln dan daftar harga pakan yg di rekomendasikan oleh bapak. email saya candaku.tawamu@gmail.com
    terimakasih banyak.. sukses selalu

    BalasHapus
  49. Assalamu'alaikum wr wb.
    hallo sumber rejeki semoga selalu sukses,Saya mau tanya dimana bisa mendapatkan indukan ayam kampung yang berkualitas untuk dijadikan bibit
    dan kalau ada sepasangnya berapa.
    Thanks,

    Iwan/polokarto sukoharjo

    BalasHapus
  50. @^ : Kering lebih bagus, basah kalau tidak langsung habis bisa berjamur

    BalasHapus
  51. @ardi : untuk pakan bisa menggunakan pakan jadi (pabrikan)
    @iwan : untuk informasi mengenai indukan kami belum bisa bantu. Thanks.

    BalasHapus
  52. asalamuaikum
    saya diki... asal dari malang. saya mau pesan doc ayam kampung yg biasa. saya pesan 50 ekor saja bisa apa tidak?. krn saya masih ingin mencoba dulu. dan smpai mlg langsung dikirim ke alamat saya apa lewat jasa ekpedisi. trims SRF

    BalasHapus
  53. Dear SRF
    saya pengen tanya, nama pasarannya atau kode pakan jadi (voer)untuk ayam petelur dari mulai fase starter, fase grower, dan fase layer?. saya taunya cuma 511 untuk fase starter. trims infonya.

    Salam,
    Yusran

    BalasHapus
  54. @diki: mungkin bisa langsung menghubungi marketing kami.
    @Yusran : starter 511, grower 521, layer 324. Untuk kode2 bisa ditanyakan langsung ke toko pakan terdekat. thanks.

    BalasHapus
  55. asalamuaikum
    saya mau tanya2 apa bisa saya langsung ke tempat sumber rejeki farm..? skalian beli DOC & DOD. trimakasih

    BalasHapus
  56. @funkadelic : Bisa langsung menuju tempat kami. Untuk pembelian DOC & DOD harus pesan terlebih dahulu. Thanks.

    BalasHapus
  57. Saya mw bertanya , untuk pemberian jamu hasil fermentasi bagusnya brp kali dalam seminggu, sama hasil fermentasi jamu ini kira2 bisa bertahan berapa lama, jamu ( kunyit, bawang,lengkuas,gula merah sama bakteri probiotik ), terima kasih

    BalasHapus
  58. Assalamualaikum,
    Perkenalkan nama saya Sutriyono, Terima kasih SR Farm telah memotivasi saya untuk memulai usaha pembesaran ayam kampung. Sehubungan dengan itu saya sangat membutuhkan banyak masukan dan bimbingan dari SR Farm sehingga bisa sukses.
    Matur nuwun

    BalasHapus
  59. Selamat siang pak,..

    Saya baru mencoba menternakkan ayam kampung dengan modal ayam pemberian teman,.. belakangan kandang saya dihinggapi penyakit pullorum banyak sekali anak ayam umur 5-15 hari mati,.. saya sudah melakukan sanitasi kandang dengan menyemprotkan desinfektan ( Antisep - Medion) sekali seminggu dan mencampurkan tetraclor ke air minumnya,..

    Apakah langkah yang saya lakukan sudah benar ? kalau masih kurang apalagi yang harus saya lakukan ? mohon bimbingannya

    terima kasih sebelunya

    BalasHapus
  60. Pak, saya berniat memanfaatkan pekarangan di belakang rumah untuk usaha ternak ayam kampung super.
    Sebagai awalnya mau coba2 dulu sekitar 100 atau 200 ekor.

    Mohon informasinya mengenai:
    1. Harga DOC ayam kampung super. Minimal pembelian berapa ekor?
    Saya pernah baca, klo ga salah dijual juga DOC umur 1 minggu, untuk ayam kampung super tersebut berapa harganya, apakah sudah divaksin?

    2. Berapa kepadatan per m2 yang dianjurkan hingga usia panen? (kandang model ren dengan litter)

    3. Jumlah kebutuhan pakan per ekor hingga panen.

    O iya posisi saya di Malang. Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  61. @anonim : Kami sendiri belum pernah mencoba menggunakan jamu, tetapi bisa dimulai dengan dosis yang ringan dahulu agar tidak stres.

    @Sutriyono : Terima Kasih Pak

    @Andi Sukry : Pullorum sendiri merupakan bawaan dari DOCnya, dan sulit untuk disembuhkan. Bisa dibantu dengan pemberian antibiotik pada 5 hari awal kedatangan. Silahkan mempelajari di http://srejekifarm.blogspot.com/2010/09/pengenalan-penyakit-pullorum-berak.html

    BalasHapus
  62. @Adi Nugroho :
    1. Untuk harga silahkan menghubungi marketing kami.
    2. Kepadatan bisa meninjau artikel berikut http://srejekifarm.blogspot.com/2010/10/kebutuhan-luas-lantai-dan-alas-kandang.html
    3. Jumlah kebutuhan pakan sampai umur 60 hari kurang lebih 2kg, 70 hari kurang lebih 2.5kg

    BalasHapus
  63. Salam kenal tuk SR Farm.Saya kini sedang mencoba untuk meramu pakan ayam sendiri yang terdiri dari dedak + jagung dan konsetrat.karena harga konsetrat di tmpt saya tinggi maka saya coba membuat konsetrat sendiri dari daging keong mas yang di jadikan tepung sebagai pengganti konsetrat.
    Yang ingin saya tanyakan berapa campuran yang tepat dari ketiga bahan tadi bila diberikan untuk ayam usia 1 bulan sampai berat 700-1kg.Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
  64. edi di surabaya
    pak untuk pemesanan doc ayam petelur untuk samapai kesurabaya butuh biaya berapa?
    dan pemesanan minimal berapa ekor..
    balas di edy_jabrik@ymail.com
    terima kasih

    BalasHapus
  65. @Cikal : Mohon maaf kami tidak mempunyai pengalaman dengan konsentrat berbahan daging keong mas.
    @edi jabrik : Untuk info pemesanan bisa langsung menghubungi kontak yang telah disediakan. Trims.

    BalasHapus
  66. pak saya tingal di daerah sragen.klo saya pesan bisa gak nati di krim ke alamat saya?trims

    BalasHapus
  67. @perpu : Bisa sampai kantor ekspedisi kereta api saja pak.

    BalasHapus
  68. yth. SRF kami mohon info berapa kebutuhan pakan 511 pada doc umur 0-4 minnggu. tolong analisanya sampai ayam buras bisa dipanen,
    trims..

    BalasHapus
  69. @^ : Kebutuhan 0-4 minggu adalah 1 kg. dan sampai panen kira2 8 minggu 1 kg lagi. total 0-8 minggu adalah 2 kg.

    BalasHapus
  70. yth SRF untuk awal bikin bibit ayam kampung mas paling bagus ayam kampung di silang dengan ayam apa? kalau beli ayam petelur dari pabrik untuk betinanya apa telurnya bisa netas juga ? trim infonynya

    BalasHapus
  71. Salam kenal pak, nama saya wendy. Saya termasuk pemula dalam masalah pembesaran ayam kampung.
    Yang mau sya tanyakan, berapa watt lampu yang harus saya gunakan sebagai pengganti heater untuk DOC sebanyak 100ekor, apakah warna Lampu harus kunig atau putih?

    Dan supaya cepat besar, selain keunggulan DOC nya, apakah faktor perangsang / vitamin mempengaruhi pertumbuhan nya? Jenis vitamin apa yang bagus untuk ayam kampung super?

    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
  72. Umur berapa dan berapa beratnya ayam kampung bisa dipanen ?

    BalasHapus
  73. @Wendy : Bisa memakai dop warna kuning, untuk 100 ekor bisa menggunakan 3x40 watt.
    Untuk vitamin pertumbuhan bisa memakai neobro punya Medion. Yang penting ransumnya baik seharusnya sudah cukup.

    BalasHapus
  74. berapa harga doc ayam kampung super ? saya di ponorogo.

    BalasHapus
  75. mau coba tanya.Sekarang besar farm sumber rejeki apa ya? Bisa produce berapa DOC didalam satu tahun?

    BalasHapus
  76. mau tanya nich....punya vendor transporter yang melayani pengiriman DOC ga ya? yang sudah pengalaman di bidang nya ....klo ada minta tolong share ke email saya....inung.cjgls@hotmail.com

    BalasHapus
  77. mas.
    kalau mau beli bibit ayam kampung di area makassar , di mana yah ?

    BalasHapus
  78. @abu haqqi, Gunawan Mustari: Silahkan menghubungi marketing kami. Terima Kasih.

    BalasHapus
  79. untuk ready stock ayam kampung super adanya kapan yah???tolong informasinya....terima kasih

    BalasHapus
  80. Untuk satu DOC ayam super berapa harganya ? thx

    BalasHapus
  81. pak saya arief di banjar jawa barat, ingin memanfaatkan pekarangan rumah untuk ayam kampung super atw bebek hibrida....
    bisakah saya pesan doc ayam kampung super 1 minggu sebanyak 100 ekor, berapa harganya termasuk ongkir...
    terima kasih
    pras_bjr@ymail.com

    BalasHapus
  82. saya mau beli doc broiler di daerah jember di mana Ya ? trims perhatian nya

    BalasHapus
  83. Saya ternak ayam ayam kampung super? umur 54 hari masih agak kecil ayamnya... dan pertumbuhanya,,... agak lambat.... ada tips untuk agar ayam bisa cepas besar 60 hari bisa panen... :) tips pakanya apa yg bagus.. selama ini saya pakek 511 campur jagung giling... :)

    BalasHapus
  84. Dear SRF.... apakah itik hibrida sama dengan itik peking....

    sy ingin beternak bebek.. tapi masih bingung ingin ternak entok ato hibrida... karena kalo ternak itik peking terkendala bau yang amis karena lokasi kami dekat dengan rumah2 tetangga... makasih

    BalasHapus
  85. Banyak yang menawarkan DOD itik... tp masalah pemasaran pas panen gimana... percuma bisa pelihara banyak tp gak bisa menjualnya.... ada yg bisa kasih solusi...?????

    BalasHapus
  86. pak jual mesin tetas telur nggak?

    BalasHapus
  87. Dear SRF,
    Saya tinggal andi Semarang, ingin tahu cara beternak ayam kampung super dari awal. Mulai dari pembuatan kandang ayam dan perawatan sebelum kandang ditempati ayam dan cara membersihkanya, pemeliharaan DOC dan pemberian vaksin, vitamin, dan ransum yang terbaik. Klo boleh mohon dijawab via email, terima kasih atas pencerahanya.
    Salam sukses untuk SRF
    from : ferdiant_lop@yahoo.com

    BalasHapus
  88. bisakah saya menjual ayam kampung ke sr farm.
    afidalr@gmail.com

    BalasHapus
  89. @afida, untuk penjualan bisa dicoba ke pedagang ayam setempat.

    BalasHapus
  90. salam kenal saya tertrik trnak bebek ptelur dgn sistem kering tapi blum tau mslh prkandanganya,kandang buat tdur luasnya brpa/100 ekor?dan kandang buat main luasnya berapa/100ekor? dan cara pemberian pkan yg baik gmna?

    BalasHapus
  91. bisa pesan doc untuk daerah makassar>>>>

    BalasHapus
  92. Ternak Bebek Petelur.
    Apa boleh kandangnya bersebelahan dg Kandang AYam Pedaging.
    terimakasih banyak
    dari Kediri-Jatim

    BalasHapus
  93. @aris : Lebih baik kandangnya tidak berada dalam satu lokasi. Takutnya penyakitnya menular.

    BalasHapus
  94. bagaimana mengatasi agar ayam kampung betina mau di kawini kembali oleh ayam kampung jantan..
    ayam saya blu nelor tpi udh mau ngeram aja dia gimana cra ngatasin nya di minta saran SR..

    BalasHapus
  95. bagaimana mengatasi agar ayam kampung betina mau di kawini kembali oleh ayam kampung jantan..
    ayam saya blu nelor tpi udh mau ngeram aja dia gimana cra ngatasin nya di minta saran SR..

    BalasHapus
  96. berapakah kandungan Lysin, methionin dan energi metabolis konsentrat star duck

    BalasHapus
  97. pak, jika untuk wilayah sumatera barat apakah DOC aman sampai dilokasi berhubung jaraknya sangat jauh..?

    BalasHapus
  98. untuk doc 200 berapa banyak saya harus nyetok 511

    BalasHapus
  99. Mohon dapat diberikan tabel berat ayam kampung super berdasarkan usia (dalam minggu) dan berat dalam Gram serta Bebek Super juga dan dibandingkan dengan berat ayam kampung dan bebek biasa sehingga kita bisa mendapatkan gambaran seperti apa keunggulan dari ayam super dan bebek super tsb. (kalau bisa dengan FCRnya juga

    BalasHapus
  100. saya Galih di Nganjuk, saya akan memulai bisnis pembesaran entok, namun kesulitan cari DOD entok,dimana saya dapat mencari dan mendapatkan DOD Entok.???? bagi yang memiliki bisa sms di no 085283361456

    BalasHapus
  101. saya di sumatera tepatnya di bengkulu, mau pesan srf dan kampung asli, yang ingin saya tanyakan bagaimana proses peeizinan masuk doc ketempat saya, apakah mengenai izin masuk (karantina) bisa bapak yang urus?

    BalasHapus
  102. Saya dari Rangkasbitung Banten mencari DOC ayam kampung super dan Vaksin, kalo untuk di daerah Serang Banten alamatnya dimana....
    mohon infonya ke : midas.mam@gmail.com atau ke 087773725000

    BalasHapus
  103. Saya ingin memesan ayam kampung super 1000 ekor ke makassar... kira-kira surat-surat apa yang perlu saya persiapkan di makassar?

    BalasHapus
  104. Pak, DOC 500 Ekor ukuran kandang harus berapa jika dibuat 2 lantai dan obat/suplemen apa yang bisa dicampur dengan pakan/minum doc untuk menghilangkan bau ternak tersebut?

    BalasHapus
  105. Pak DOC 500 ekor ukuran kandang harus berapa jika dibuat 2 lantai dan obat/suplemen apa yang bisa dicampur dengan pakan/minum untuk menghilangkan bau ternak ayam..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dicoba menggunakan probiotik semacam EM4 untuk menghilangkan bau. Namun perlu diperhatikan, penggunaan probiotik tidak boleh dicampur dengan antiseptik.

      Hapus
  106. Saya juga ingin tahu ttg puyuh pak mohon dikirimkan email seperti pak sugeng diatas ke email saya. Sukses10@yahoo.com

    BalasHapus
  107. pak nama saya rokim kalau saya beli 100 ekor bibit ayam kampung super kalau di krm di kudus harga berapa pak??








    BalasHapus
    Balasan
    1. Pagi Pak Rokim, untuk harga bisa langsung hubungi marketing kami. Thx

      Hapus
  108. Bos apa manfaat kupang atau kremis buat unggas ??
    terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupang atau kremis bisasanya digunakan sebagai pengganti tepung ikan. Sumber protein hewani yang murah. Untuk pemakainnya perlu diperhatikan jumlah maksimum yang diperbolehkan atau kualitas bahan baku yang baik.

      Hapus
  109. Bos bisakah ayam petelur umur 5 bln dikasih obat perangsang?

    BalasHapus
  110. ada pin mas ? saya mau tanya jawab lewat pin

    BalasHapus
  111. Salam sekses bos,saya andi dari pati saya berternak ayam petelur usia udah 5 bln tapi kok belum ada satupun yan bertelur bos, mohon infonya trim..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di cek untuk berat badan, dan ciri kematangan seksual seperti jengger sudah muncul dan berwarna merah. Kalau berat badan belum mencapai standar makan memang belum waktunya bertelor

      Hapus
  112. Dear rekan dan kerabat, untuk meningkatkan pelayanan maka pertanyaan, tips, kontribusi bisa disampaikan lewat media FACEBOOK SUMBER REJEKI FARM
    https://www.facebook.com/srejekifarm

    BalasHapus
  113. salam kenal rekan2 semua,,saya Arief dari Lamongan,dan baru memulai usaha ayam kampung,dikarenakan di Lamongan usaha ayam kampung belum populer sehingga saya kesulitan untuk memasarkan,barangkali rekan2 ada info pengepul atau pedagang besar yang siap menerima ayam kampung dalam jumlah besar di wilayah lamongan dan sekitarnya mohon untuk share info di 085648388359,081333722070..makasih

    BalasHapus
  114. 2015 sangat beda ramsum mahal begitu bangkrut brow

    BalasHapus
  115. Dear sumber rejeki, saya sebenanya berminat sekali untuk beternak ayam kampung super. Tapi saya bingung untuk bagaimana cara memasarkan hasil panen nanti? Apakah ada pengepul yang memang bersedia menerima hasil panen ayam kampung?

    BalasHapus
  116. Selamat Sore. Saya baru saja membeli doc ayam kampung super di sumber rejeki. Saya masih mau coba sedikit dulu bisnis ayam kampung Super. Sebenarnya saya sangat berminat beternak ayam kampung, tapi saya masih bingung cara pemasarannya. Adakah pengepul atau tempat yang bersedia menerima hasi panen?Mohon solusinya. Terima kasih

    BalasHapus
  117. saya mau tanya bisakah kosentrat bebek petelur diberikan pada ayam petelur? mohon pencerahanya gan

    BalasHapus
  118. untuk kosentrat kbr,berapakah campuran yang tepat untuk ayam pedaging?

    BalasHapus
  119. Masukkan komentar mohon penjelasanya SRF doc joper saya umur 20 hari dg bobot 0.2 dn 0.15 itu bobot normal atau lambat klo lmbat ap yang harus aku lakukan.makasih

    BalasHapus
  120. Mas mau tanya,saya lagi belajar menetaskan telur ayam kampung,pada hari ke 19 mulai menetas,sya pakek suhu 38c,40 di 3hari terakhir.setelah selesai proses piping saya bantu pecahin cangkang ,karena cangkangnya dari semalam cuma retak dikit,tapi kok jadinya anakan ayamnya gak bisa jalan normal,alias kakinya pengkor,mohon infonya mas,,

    BalasHapus